Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Hormon

Posted on

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Hormon salah satu yang populer di internet. Tips Kecantikan mudah diaplikasikan dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Hormon

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi pada remaja dan orang dewasa. Namun, ada jenis jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormonal pada tubuh, yaitu jerawat hormon. Jerawat hormon dapat terjadi pada pria maupun wanita, dan seringkali sulit diatasi. Bagaimana cara mengatasi jerawat hormon? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Jerawat Hormon dengan Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah merupakan langkah penting dalam mengatasi jerawat hormon. Namun, tidak semua cara membersihkan wajah efektif untuk mengatasi jerawat hormon. Anda perlu membersihkan wajah dengan benar, yaitu:

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak, pilih pembersih wajah yang dapat mengontrol produksi minyak pada wajah. Jika kulit Anda kering, pilih pembersih wajah yang dapat memberikan kelembapan pada kulit.

2. Hindari Menggosok Wajah Terlalu Kuat

Membersihkan wajah dengan terlalu keras dan terlalu sering dapat merusak kulit wajah dan memperburuk kondisi jerawat hormon. Gunakan gerakan lembut saat membersihkan wajah dan hindari menggosok wajah terlalu kuat.

3. Bilas Wajah dengan Air Hangat

Bilas wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Setelah membersihkan wajah, bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori dan mengurangi produksi minyak pada wajah.

4. Gunakan Pelembap yang Tepat

Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap yang tepat untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Pilih pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

Cara Mengatasi Jerawat Hormon dengan Menghindari Makanan yang Memicu Jerawat

Makanan yang dikonsumsi juga dapat memicu timbulnya jerawat hormon. Beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mengatasi jerawat hormon adalah:

1. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan dengan kadar gula tinggi dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Insulin yang berlebihan dapat memicu produksi hormon androgen yang dapat memicu timbulnya jerawat hormon.

2. Makanan dengan Kandungan Susu

Susu mengandung hormon yang dapat memicu timbulnya jerawat hormon. Hindari mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak untuk mengatasi jerawat hormon.

3. Makanan dengan Kadar Lemak Tinggi

Makanan dengan kadar lemak tinggi dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah. Minyak yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat hormon.

4. Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, dan kue dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu timbulnya jerawat hormon.

Cara Mengatasi Jerawat Hormon dengan Menggunakan Obat Topikal

Obat topikal dapat membantu mengatasi jerawat hormon pada kulit wajah. Beberapa obat topikal yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat hormon adalah:

1. Retinoid

Retinoid adalah obat topikal yang dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit wajah dan membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Retinoid hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

2. Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide adalah obat topikal yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi produksi minyak pada kulit wajah.

3. Asam Salisilat

Asam salisilat adalah obat topikal yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit wajah dan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

4. Antibiotik Topikal

Antibiotik topikal dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit wajah. Antibiotik topikal hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

Cara Mengatasi Jerawat Hormon dengan Menggunakan Obat Oral

Jika jerawat hormon tidak merespon terhadap obat topikal, dokter dapat meresepkan obat oral untuk mengatasi jerawat hormon. Beberapa obat oral yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat hormon adalah:

1. Antibiotik Oral

Antibiotik oral dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit wajah. Antibiotik oral hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

2. Isotretinoin

Isotretinoin adalah obat oral yang digunakan untuk mengatasi jerawat hormon yang parah dan tidak merespon terhadap obat topikal dan antibiotik oral. Isotretinoin hanya dapat digunakan dengan resep dokter dan harus diawasi oleh dokter.

3. Kontrasepsi Oral

Kontrasepsi oral dapat membantu mengatur produksi hormon pada tubuh dan mengurangi produksi sebum pada kulit wajah. Kontrasepsi oral hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

4. Spironolactone

Spironolactone adalah obat oral yang digunakan untuk mengatasi jerawat hormon pada wanita. Spironolactone dapat membantu mengurangi produksi hormon androgen pada tubuh dan mengurangi produksi sebum pada kulit wajah. Spironolactone hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

People Also Ask

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar cara mengatasi jerawat hormon:

1. Apakah jerawat hormon dapat diatasi dengan perawatan wajah biasa?

Jerawat hormon sulit diatasi dengan perawatan wajah biasa. Anda perlu menggunakan obat topikal atau obat oral yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi jerawat hormon.

2. Apakah jerawat hormon dapat diatasi dengan perubahan pola makan?

Perubahan pola makan dapat membantu mengatasi jerawat hormon pada sebagian orang. Namun, tidak semua orang merespon dengan baik terhadap perubahan pola makan. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara terbaik mengatasi jerawat hormon pada tubuh Anda.

3. Apakah jerawat hormon dapat sembuh total?

Jerawat hormon dapat sembuh total dengan perawatan yang tepat dan konsisten. Namun, jerawat hormon dapat kambuh jika tidak dijaga dengan baik.

4. Apakah jerawat hormon hanya terjadi pada wanita?

Jerawat hormon dapat terjadi pada pria maupun wanita. Namun, jerawat hormon lebih umum terjadi pada wanita karena perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi, kehamilan, dan menopause.

5. Apakah jerawat hormon dapat menyebar ke bagian tubuh lain

Terima kasih sudah membaca Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Hormon ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :