Resep Kue Ku Dari Kentang Dan Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Ku Dari Kentang Dan Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Ku Dari Kentang Dan Gula Merah

Kue ku atau kue keranjang merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini biasanya terbuat dari tepung ketan dan gula merah sebagai bahan utamanya. Namun, kali ini saya akan berbagi resep kue ku yang sedikit berbeda, yaitu menggunakan kentang sebagai bahan pengganti tepung ketan. Berikut adalah resep kue ku dari kentang dan gula merah yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ku dari kentang dan gula merah:

  • 300 gram kentang, kupas dan kukus hingga matang
  • 150 gram gula merah, serut halus
  • 100 gram tepung ketan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue ku dari kentang dan gula merah:

1. Haluskan Kentang

Haluskan kentang yang sudah dikukus hingga lembut menggunakan garpu atau blender. Jangan sampai ada gumpalan kentang yang tersisa.

2. Campur Bahan

Campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan gula merah, tepung ketan, garam, dan vanili bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

3. Rebus Air

Rebus air dalam panci dan letakkan rak di atasnya. Pastikan air tidak menyentuh rak.

4. Siapkan Daun Pisang

Cuci bersih daun pisang dan potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.

5. Bentuk Adonan

Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat-bulat. Letakkan di atas daun pisang dan rapatkan. Lakukan hingga adonan habis.

6. Masak Kue Ku

Letakkan kue ku yang sudah dibungkus daun pisang pada rak yang sudah disiapkan. Tutup panci dan biarkan kue ku matang selama 30-40 menit.

7. Angkat dan Sajikan

Angkat kue ku dari panci dan biarkan dingin sejenak. Kue ku dari kentang dan gula merah siap disajikan.

Variasi

Untuk variasi, kamu bisa menambahkan kelapa parut atau kacang hijau yang sudah direbus sebagai isian kue ku. Selain itu, kamu juga bisa mengganti gula merah dengan gula putih atau madu sebagai pemanis alternatif.

People also ask, apakah kue ku dari kentang dan gula merah sama enaknya dengan kue ku tradisional yang terbuat dari tepung ketan? Jawabannya tergantung selera masing-masing. Namun, kue ku dari kentang dan gula merah memiliki tekstur yang lebih lembut dan aroma yang lebih wangi. Selain itu, kue ku ini juga lebih sehat karena menggunakan kentang sebagai bahan pengganti tepung ketan yang mengandung gluten.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ku Dari Kentang Dan Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :