Resep Sambal Bawang Tanpa Minyak

Posted on

Resep Sambal Bawang Tanpa Minyak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Bawang Tanpa Minyak

Kamu pecinta makanan pedas? Jika iya, kamu pasti tidak asing dengan sambal bawang. Sambal bawang adalah salah satu jenis sambal yang terbuat dari bawang merah, cabe, dan beberapa bahan dapur lainnya. Namun, kebanyakan resep sambal bawang menggunakan minyak goreng sebagai bahan utamanya. Bagaimana jika kamu ingin mencoba resep sambal bawang tanpa minyak? Di artikel ini, kami akan memberikan resep sambal bawang tanpa minyak yang mudah dan enak untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat sambal bawang tanpa minyak, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 buah tomat
  • 2 sendok makan air jeruk limau
  • 2 sendok teh gula merah yang sudah disiapkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh terasi yang sudah disiapkan

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan tersedia, kamu bisa mulai memasak sambal bawang tanpa minyak dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Bahan

Pertama, kupas bawang merah dan cuci bersih. Kemudian, iris tipis bawang merah dan tomat. Haluskan terasi dan potong cabe rawit menjadi dua bagian.

2. Masak Bahan

Setelah semua bahan siap, panaskan wajan dengan api sedang. Tidak perlu menambahkan minyak pada wajan. Masukkan bawang merah dan cabe rawit ke dalam wajan. Tumis hingga bawang merah menjadi kecokelatan dan harum.

3. Tambahkan Terasi

Selanjutnya, tambahkan terasi ke dalam wajan. Aduk rata hingga terasi tercampur dengan bawang merah dan cabe rawit.

4. Tambahkan Tomat

Setelah itu, masukkan tomat ke dalam wajan. Tambahkan sedikit air agar tomat tidak gosong. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi lembut.

5. Tambahkan Bahan Lainnya

Selanjutnya, tambahkan gula merah, garam, dan air jeruk limau ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dengan baik ke dalam sambal bawang.

6. Angkat dan Sajikan

Setelah bumbu meresap, matikan api dan angkat sambal bawang dari wajan. Sajikan sambal bawang tanpa minyak di dalam mangkuk kecil atau wadah kecil lainnya.

Kenapa Harus Mencoba Resep Sambal Bawang Tanpa Minyak?

Selain karena alasan kesehatan, membuat sambal bawang tanpa minyak juga merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mengurangi konsumsi minyak goreng. Selain itu, resep sambal bawang tanpa minyak juga cukup mudah dan cepat untuk dibuat di rumah. Kamu tidak perlu khawatir dengan rasa yang akan dihasilkan karena sambal bawang tanpa minyak tetap enak dan pedas seperti sambal bawang biasa.

People also ask, apakah sambal bawang tanpa minyak rasanya sama dengan sambal bawang dengan minyak goreng? Jawabannya adalah ya, sambal bawang tanpa minyak tetap memiliki rasa yang sama dengan sambal bawang dengan minyak goreng. Bahkan, resep sambal bawang tanpa minyak bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dan lezat untuk kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Tanpa Minyak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :